Pages

Saturday, September 15, 2018

Datsun GO T Active CVT Lawan Toyota Agya TRD AT, Siapa Unggul?

Ukuran memang bukan daya tarik mutlak di segmen mobil perkotaan. Tapi tetap jadi poin penting, mengingat tak sedikit pengguna citycar termasuk kategori keluarga. Datsun GO CVT tak berubah dimensinya dari GO lawas. Ukurannya 3.788 x 1.636 x 1.507 mm (PxLxT) dengan jarak antar poros roda 2.450 mm. Agya kurang lebih sama ukurannya, 3.660 x 1.600 x 1.520 mm dan jarak sumbu roda 2.450. GO CVT sedikit lebih panjang dan lebar, tapi keduanya punya kabin yang sama lega, baik dari penumpang maupun bagasi untuk barang.

Eksterior

Kelengkapan di eksterior juga bersaing. GO CVT T Active dilengkapi body kit sebagai standar. Begitu juga Agya TRD yang dipermanis body kit. Keduanya boleh dibilang sporty. Kesamaan lain, pelek alloy 14 inci, spion dengan lampu sein terintegrasi, wiper belakang dan spoiler dengan lampu rem terintegrasi. Soal bodi, kualitas keseluruhan Datsun masih terasa di bawah Agya. Keduanya masih menawarkan kualitas bodi di bawah city car pada umumnya.

GO CVT punya fitur unggulan lampu siang hari (DRL) LED. Sementara Agya punya lampu kabut, lampu depan proyektor dengan light guide LED dan lampu belakang kombinasi LED. Indikasi Agya lebih mahal mulai bisa dilihat dari fitur eksterior itu.

Interior

Bagian dalam kabin GO CVT meningkat drastis dari GO lawas. Desain dasbor berubah dengan susunan yang lebih normal, rem tangan juga ditempatkan di tengah antara bangku pengemudi dan penumpang. Cluster meter juga lebih lengkap dengan tachometer dan MID digital. Agya juga punya desain kabin yang tak jauh berbeda. Oh ya, meski bodi GO CVT masih terasa kurang tebal, kekedapan kabin sudah ada peningkatan.

Desain kursi GO CVT dan Agya sama-sama memakai model bucket seat yang menyatu headrest-nya. Ada peningkatan pada GO CVT, bantalannya sedikit lebih tebal dan empuk. Tapi menjadi pengemudi, baik di Agya dan GO CVT, kurang mendapatkan kenyamanan karena pengaturan kursi yang kurang fleksibel.

Perbandingan paling signifikan, head unit. GO CVT sudah memakai layar sentuh 6,75 inci yang punya banyak konektivitas dan bisa memainkan video. Agya masih memakai head unit standar 2DIN, beruntung Agya bisa mengatur audio dengan tombol pada palang kemudi. GO CVT tidak meyediakan fitur itu. Keduanya bisa terhubung dengan smartphone melalui Bluetooth, jadi bisa mendengarkan Spotify atau sarana musik lain dari smartphone, sampai melakukan panggilan telepon.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2p6VIKd

No comments:

Post a Comment