Pages

Saturday, September 15, 2018

6 Cara Mudah Merawat Aki agar Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, aki merupakan komponen yang penting bagi kendaraan Anda. Beberapa fungsiny adalah menyediakan arus listrik, menstabilkan tegangan kendaraan, dan mem-backup alternator.

Nah, sebelum melakukan perawatan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan demi keselamatan. Misalnya jangan menyalakan api dekat aki, seperti menyalakan korek dan merokok. Sebab aki mengandung hydrogen yang mudah meledak. Jauhkan aki dari jangkauan anak, karena komponen aki terbuat dari bahan kimia yang berbahaya. Baiknya gunakan kacamata pelindung saat memasang aki. Karena cipratan air aki sangat berbahaya. Hati-hati dengan cairan aki zuur, karena dapat merusak kulit dan membutakan mata.

Supaya aki bisa berumur panjang sesuai kemampuannya, maka merawat aki jadi hal mutlak. Pada aki konvensional air mudah menguap. Hal ini mengharuskan Anda menambah air aki secara periodik. Untuk menjaganya berfungsi maksimal, Anda bisa menyimak tips berikut ini.

1. Matikan Sistem Kelistrikan

Ketika Anda memanaskan mobil, baiknya jangan nyalakan pendingin ruangan (AC) atau perangkat elektronik lain. Pasalnya, kondisi aki belum sepenuhnya terisi dengan listrik. Panaskan sekitar 5 menit hingga 10 menit, supaya aki bener-benar siap untuk menyuplai sistem kelistrikan. Kemudian setelah berkendara, jangan lupa matikan semua komponen kelistrikan sebelum mesin dimatikan. Tujuannya, supaya listrik pada aki tak berkurang. Hal itu bisa memudahkan Anda ketika menyalakan mesin kembali.

2. Periksa Level Cairan Aki

Rajin-rajinlah periksa level air aki. Memeriksa level aki penting dilakukan. Air jangan sampai di bawah level minimal atau low level. Mengisi air pun tak boleh melebihi level atas. Karena, pada saat aki panas, air bisa tersembur keluar bersamaan uap yang sangat korosit. Namun, jika level air di bawah takaran, tambahkan secukupnya. Penambahan air aki disarankan menggunakan air aki murni, bukan air aki zuur. Tentu agar cell tak cepat rusak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2p9nIwE

No comments:

Post a Comment